Opinion Peblika

Opinion Peblika
Suasana Foto Galian Tanah Tambang C Tanpa Melalui SRKL dan AMDAL di Wakatobi

Minggu, 04 Maret 2012

HUGUA "HARAMKAN" PROYEK BANGUNAN PEMDA GUNAKAN PASIR PESISIR PANTAI.

OLEH : TOTOM  WAKATOBI


Wangi-Wangi: Bupati Wakatobi Hugua meminta agar masyarakat tidak mengambil pasir dipesisir pantai. Untuk sementara warga masih diperbolehkan mengambil pasir didalam laut yang lokasinya tidak mengancam kelesatarian biota laut. Kedepan Pemda Wakatobi akan mengupayakan material pembagunan seperti pasir dari luar Wakatobi.

“Tahun ini (2012) yang saya haramkan bangunan pemerintah yang menggunakan pasir pesisir pantai, terkecuali pasir yang telah diarahkan lokasinya,” kata Hugua ketika ditemui di ruang Bandara Matahora baru-baru ini.
Ia mengatakan laju pembangunan insfrastruktur di Wakatobi dari tahun ketahun semakin pesat, jika tidak diimbangi dengan teraturnya dalam pengambilan material sebagai bahan dasr maka akan merusak lingkungan dan ekosistem laut yang selama ini telah menjadi kebanggaan Wakatobi.

 aktivitas masyarakat mengangkut pasir pantai

Penggunaan pasir tak boleh ditawar-tawar dalam membangun inflastruktur milik pemerintah dan maupun masyarakat. Di Kabupaten Wakatobi yang inti visi misinya bersanding pada menjaga ekosistem laut pesisir, namun menjadi kontradiksi dengan aktifitas sebagian oknum masyarakatnya yang mata pencahariannya mengekploitasi pasir pesisir karena dapat berdampak abrasi pantai.

Dikatakannya juga, lokasi pengambilan pasir itu mesti sudah ditentukan dan diatur sebagik-baiknya, salah satunya di alur masuk pelabuhan penyebrangan Fery. Pasalnya di area itu butuh pendalaman

 pemindahan pasir dari pantai lain ke pantai WDR

“Kita akan usahakan untuk berinisiatif mendatangkan pasir dari daerah lain untuk mensiasati pembengkakkan dalam penggunaan pasir dimasyarakat. Dan menjaga ekosistem laut, jika itu memungkinkan,” katanya.

Proyek fisik dari kecil hingga besar yang dikerjakan oleh pemerintah sejak dibentuknya Kabupaten Wakatobi, menggunakan material pasir sudah begitu banyak dikerjakan. Menanggapi hal itu Bupati Wakatobi, Ir Hugua mengatakan, bakal melarang Pemda dalam membangun inflastrukturnya sebagai penunjang pembangunan menggunakan pasir pesisir pantai.(BW)
Sumber : http://www.facebook.com/groups/beritawakatobi/