Opinion Peblika

Opinion Peblika
Suasana Foto Galian Tanah Tambang C Tanpa Melalui SRKL dan AMDAL di Wakatobi

Rabu, 17 Desember 2014

FOKE & NUR ALAM MASUK PUSARAN REKENING GENDUT 10 KEPALA DAERAH



Oleh : Reza Aditya (Media On Line)
            Tuesday, 16 December 2014 - 13:13


 Ketua KPK Abraham Samad
 

Jakarta, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengungkapkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foke) masuk dalam daftar kepala daerah yang memiliki rekening gendut. Pusat Pelaporan & Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menganalisa dan menyelidiki rekening milik para kepala daerah. Hasilnya, ditemukan 10 rekening gendut dengan transaksi yang tidak wajar dilaporkan kepada KPK. 

"Iya dia (Foke) ada," kata Abraham ketika dikonfirmasi nama Foke oleh wartawan di kantor Kemenlu, Jakarta, Selasa (16/12). 

Mantan Gubernur DKI itu bukan satu-satunya yang terindikasi. Abraham juga mengkonfirmasi ada nama Nur Alam. Gubernur Sulawesi Tenggara itu juga masuk dalam Laporan Hasil Analisa (LHA) PPATK. 

"Iya ada juga Gubernur Sulawesi Tenggara," kata Abraham.  

Saat ini, KPK tengah mengkaji nama kepala daerah di dalam laporan PPATK. Abraham bersama seluruh jajaran sedang meneliti jikalau ada indikasi dari laporan rekening itu yang mengarah ke tindak pidana. Kalau terbukti, KPK akan langsung memproses ke level selanjutnya. 

"Jika nanti dari hasil kajian rekening gendut itu ada perbuatan perbuatan yang mengarah ke tindak pidana korupsi akan kami tindaklanjuti jadi pembuktian. Karena kan bisa dideteksi ya, berapa profil gaji mereka berapa kekayaannya sebagai negara," kata Abraham (adn/cr1). 

Sumber :