Opinion Peblika

Opinion Peblika
Suasana Foto Galian Tanah Tambang C Tanpa Melalui SRKL dan AMDAL di Wakatobi

Senin, 27 Juni 2011

HUGUA-ARHAWI SIAP BERBAGI PERAN DALAM MEMBANGUN WAKATOBI

Beritakendari.com-Senin (27/6/2011) Meski pelantikan Ir. Hugua dan H. Arhawi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi terpilih tinggal sehari lagi, namun keduanya sudah siap berbagi peran dalam membangun Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, periode lima tahun mendatang.
Didampingi wakilnya, Hugua yang menyempatkan diri bertemu awak media di kediamannya di Kendari, Senin (27/6) memaparkan sejumlah agenda penting yang baru saja ia jalankan dan akan segera dijalankan, baik oleh dirinya sebagai Bupati Wakatobi maupun bersama wakilnya, H. Arhawi.

Hugua mengungkapkan, beberapa hari sebelumnya ia baru saja menjadi pembicara dalam seminar tingkat dunia yang bertajuk “Mayor Round Table Meeting” pada Conference International The Fifth Asia-Pasific Urban Forum 2011 di UNCC Bangkok. Diforum itu, Hugua memaparkan potensi bahari Taman Nasional Laut Wakatobi. Materi lain pun yang sempat dibawakan mengenai “MDGs and Wakatobi Development, a Lesson Learn on P3BM UNDP Jakarta Wakatobi Government”.

Sedangkan agenda penting lain yang akan di hadiri Hugua dua hari kedepan adalah penetapan Wakatobi sebagai Cagar Biosfir Dunia oleh PBB melalui UNESCO, dan Hugua sendiri akan berangkat ke Eropa untuk agenda tersebut pasca pelantikannya.
Hugua bersama wakilnya juga akan menghadiri pertemuan dengan Gubernur Sultra setelah acara pelantikan mereka, guna membahas kesiapan penyelenggaraan SAIL WAKATOBI-BELITUNG Agustus mendatang. “Wakil saya Arhawi dalam waktu dekat akan langsung menghadiri penerimaan penghargaan dibidang kependudukan “. Ujar Hugua.

Menurut Hugua, dirinya akan menjalankan beberapa Agenda besar Nasional dan Dunia termasuk dirinya menjadi bagian dari 7 Bupati/Walikota selektif tingkat tinggi se -Asia Pasifik yang secara berkesinambungan melakukan sidang-sidang khusus untuk memberikan nasehat-nasehat atau pertimbangan kepada badan dunia PBB.

“tentu wakil saya Arhawi akan mengambil peran penting, untuk tetap menjalankan program-program pemerintah baik yang sedang berjalan maupun yang sedang dirancang sekaligus pengawasan terhadap roda pembangunan di Wakatobi,”jelasnya.

“intinya kami akan membagi peran penting masing-masing dan saya pun mau tidak mau harus menjalankan agenda-agenda nasional maupun internasional yang telah dipercayakan kepada saya, namun bukan berarti saya lepas tangan dengan roda pembangunan daerah saya Wakatobi, justru kami disini membagi peran yang lebih luas baik sebagai Bupati maupun Wakil Bupati untuk tetap seiring sejalan, karena Waktobi saat ini, bukan hanya bisa memberi efek kepada masyarakatnya sendiri, namun Wakatobi sudah memberi pengaruh terhadap Bangsa ini dan Dunia sekaligus,” papar Hugua.

Sementara itu H. Arhawi selaku Wakil Bupati Wakatobi menjelaskan bahwa dirinya sebagai pendamping Bupati, tentu akan membantu sepenuhnya program dan langkah-langkah taktis Bupati Wakatobi. “sebagai Wakil Bupati terpilih, saya tentu akan tetap menjalankan roda pembangunan Wakatobi untuk tetap komitmen terhadap beberapa sektor pembangunan yang terus di galakkan di Wakatobi, mulai dari infrastruktur, perekonomian, pendididikan, kesehatan, kelautan dan berbagai sektor lainnya,”jelasnya.

“meski saya mencoba mengambil peran penting dalam beberapa sektor tersebut, namun saya dan Bupati tidak bisa dipisahkan karena sama-sama memposisikan diri untuk pembangunan Wakatobi agar bisa menjadi daerah penting baik secara nasional maupun internasional, karena peran kami baik Bupati dan Wakil Bupati hanya pada 1 tujuan yang sama adalah untuk Wakatobi yang lebih Maju dan lebih sejahtera”, sambung Arhawi.

Pemerintah Wakatobi sendiri, masih gencar melakukan pemantapan-pemantapan kesiapan menyambut Agenda Nasional SAIL WAKATOBI-BELITUNG Agustus 2011, dan ini akan menjadi agenda kerja paling besar bagi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Wakatobi di waktu dekat ini. [Ino]